Saya memang pribadi yg keras dan mungkin boleh juga dianggap kolot. Akan tetapi sesungguhnya, saya tetaplah orang jawa yg menjunjung tinggi tatakrama dan rasa sungkan serta hormat kepada orang yg lebih tua, ataupun orang-orang yg lebih senior dari saya..


Artikel ini adalah salah satu contohnya. Menjalani sebuah pemotretan selama kurang lebih 2,5 jam untuk sebuah majalah, jelas bukan sebuah kebiasaan saya. Bersedia mengisi segmen profil dalam sebuah majalah, juga bukan kebiasaan saya. Akan tetapi untuk sebuah majalah ini, sejujurnya saya terbentur dengan sebuah norma dan etika yg tidak dapat saya hindari. Iya, sebuah norma dan etika yg sebisa mungkin akan selalu saya junjung tinggi sampai kapanpun, yaitu rasa hormat seorang junior kepada seniornya…


Adalah seseorang bernama Adib Hidayat (Rolling Stone Indonesia), yg mampu memaksa saya untuk melakukan itu semua. Orang tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah kakak kelas saya, di Sekolah Menengah Atas negeri 1 Salatiga. Dan juga sebuah kebetulan lagi, orang ini juga tetangga dari seseorang yg sangat saya hormati, yaitu Pak Kholiq di desa Suruh, Kab Semarang (Baca artikel: Terima Kasih Pak Kholiq)..


Sejujurnya saya tidak pernah mengenal orang ini sebelumnya. Saya mengenal nama Adib Hidayat dari salah satu teman di Twitter saya, yaitu mba Febri Meutya / @FebriMeuthia. Mba Febri sendiri adalah seorang creative director yg di kenal telah menciptakan beberapa acara musik diantaranya adalah Inbox, Harmony, Sang Bintang dll. Dan satu hal lagi, perempuan yg satu ini adalah seorang penggila bola sejati..


Akhirnya pada sebuah pagi, saya yg saat itu di temani oleh Dewi (Istri saya tercinta) melakukan pemotretan di sebuah rumah di bilangan cinere, jakarta selatan. Dalam pemotretan ini, saya berkesempatan berkolaborasi dengan sebuah nama yg cukup mentereng di dunia photografi, yaitu Dimas Djayadiningrat..


Saya tidak dapat menyembunyikan perasaan saya, jika sejujurnya saya cukup puas dengan hasil dari pemotretan itu sendiri. Karena Mas Dimas Djay mampu membuat hasil dari jepretan-jepretannya berkesan vintage serta elegan..


Hasil dari foto itu sendiri, mungkin dapat anda sekalian lihat di majalah Rolling Stone Indonesia edisi februari 2011. Sedangkan di bawah ini, seperti biasa tidak lupa saya cantumkan hasil dari wawancara saya melalui email dengan Adib Hidayat..


Dan satu lagi bonus yg tidak kalah menyenangkan adalah, Mas Adib sempat memberikan dua buah buku kepada saya, yaitu biografi GIGI (Kebetulan dia sendiri adalah penulisnya) dan juga biografi Jay Z - Decoded (Saya adalah penggemar Jay Z). Sekarang tinggal barter jersey timnas dengan CD U2 versi Bossa yg belom hehehe..


Jadi, sebenarnya artikel ini tercipta lebih karena adanya sebuah “Penindasan Seorang Senior” kepada saya. Akan tetapi penindasan yg satu ini, lebih berupa sebuah penindasan yg menyenangkan dan memberikan sebuah pengalaman baru bagi saya. Matur Suwun lho mas..


Oleh Adib Hidayat: Rolling Stone Indonesia..


* Apa evaluasi paling utama bagi Timnas dari AFF 2010..??


# Sejujurnya, di dalam tim sendiri semuanya sudah berjalan dengan sangat baik dan lancar. Akan tetapi harus di akui, jika terlalui banyak gangguan dari luar yg sejujurnya malah membebani tim ini. Menurut saya, media masa terlalu berlebihan dalam memberitakan kami. Dan ketika sepakbola sudah masuk  ke dalam area infotainment, maka hal tersebut menjadi sangat menggelikan..


* Kesan anda dengan laga ke 86 bersama Timnas di AFF..??


# Secara pribadi saya sangat bangga, karena sejujurnya tidak mudah untuk mencapai angka tersebut, dan akan selalu menjadi hal yg membanggakan dapat bermain buat Indonesia.. Akan tetapi secara hasil memang cukup menyedihkan, karena saya harus kembali gagal mempersembahkan sesuatu untuk Bangsa ini..


* Apakah anda sudah cukup maksimal tampil di AFF..?? Melihat Redl kerap menjadikan anda sebagai pemain cadangan..??


# Sejujurnya “TIDAK”, Karena saya tidak banyak mendapatkan waktu bermain di AFF Cup kemaren.. Akan tetapi sebagai pemain profesional, saya selalu berusaha untuk menghormati apapun keputusan pelatih. Saya selalu berusaha memberikan yg terbaik saat pelatih membutuhkan saya, dan saya rasa saya sudah melakukan itu di piala AFF yg lalu..


Siapa yg anda lihat bakal memiliki karir gemilang di dunia sepakbola Indonesia dari Timnas AFF..??


# Tim ini banyak dihuni pemain-pemain muda, dan saya rasa mereka semua mempunyai masa depan yg sangat cerah.. Jika saya harus menyebut satu nama, maka pilihan saya akan jatuh kepada Yongki Aribowo..


* Bagaimana anda melihat LPI yg digelar oleh Arifin Panigoro..??


# Secara konsep harus diakui jika LPI sangat bagus. Akan tetapi secara dasar hukum, saya rasa mereka berada di posisi yg lemah..


* LPI akhirnya mendapat ijin dari BOPI. Bagaimana anda melihat ini..??


# Saya rasa siapapun yg ingin membuat kompetisi atau turnamen yg tujuannya memajukan persepakbolaan Indonesia tentu sah-sah saja dan harus kita dukung. Akan tetapi masalahnya di sini, apakah kompetisi tersebut sudah sesuai dengan aturan yg berlaku apa tidak, itu yg harus di perhatikan. Khusus untuk sepakbola, kita memiliki FIFA sebagai induk dari seluruh federasi sepakbola di dunia, yg tentu juga mempunyai aturan-aturan yg harus kita semua patuhi..


Anda pernah bilang dengan adanya dua liga ini yg menjadi korban adalah pemain..??


# Iya betul, jika pemain yg tampil di LPI hak-haknya sebagai pemain profesional di bawah FIFA dicabut (Termasuk menjadi pemain nasional), tentu pemain yg bersangkutan akan sangat di rugikan.. Saya rasa semua ini masalah hati, bagi mereka yg bermain di LPI saya yakin teman-teman tersebut sudah memikirkan dengan masak..


*Apa saran anda kepada teman-teman yg bergabung ke LPI..?? Banyakkah yg crhat ke anda..??


# Ada beberapa yg bercerita kepada saya, akan tetapi sejujurnya saya juga tidak dapat memberi masukan yg berarti, karena saya sendiri tidak begitu mengerti keapsahan LPI secara statuta FIFA..


*Anda pernah bilang jika LPI sangat ideal jika berada di bawah PSSI. Bagaimana anda melihatnya..??


# Jika boleh saya ibaratkan peraturan atau statuta FIFA itu sebuah pigura, maka alangkah lebih baik dan bijaksananya jika kita melakukan terobosan-terobosan dan inovasi di dalam pigura tersebut. Karena jika kita melakukannya di luar pigura, maka malah akan menambah rumit permasalahan itu sendiri..


Bagaimana anda melihat Liga Indonesia & LPI ini..??


# Sejujurnya ISL memang berjalan prematur, banyak hal-hal yg tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan itu yg harus kita perbaiki bersama. Dengan komitmen dari seluruh pihak yg terkait dan tentunya kontrol yg ketat dari masyarakat, saya yakin sepakbola Indonesia mampu lebih baik lagi.. Sedangkan LPI sendiri, secara konsep sekali lagi saya katakan sangat baik dan cenderung membawa sepakbola ke arah profesional. Akan tetapi sekali lagi saya masih ragu dengan payung hukum yg menaungi mereka. Akan tetapi lebih daripada itu, seharusnya keberadaan LPI ini harus menjadi wake up call untuk PSSI, bahwasanya banyak pihak yg kurang puas dengan kinerja mereka. Sehingga kedepan mereka mampu lebih baik lagi dalam bekerja serta mengelola Liga Indonesia..


* Apakah ada aroma politik..??


# Sejujurnya saya tidak begitu suka dengan masalah-masalah politik, sehingga kurang begitu pandai dalam membaca peta persaingan politik, jadi saya tidak mengerti apakah ada aroma politik disana.. Akan tetapi kemungkinan itu selalu ada dan cenderung cukup tinggi..


* Bagaimana anda melihat sepakbola dibawa ke ranah politih..??  Tak bisa di pungkiri sepakbola jadi media efektif mengumpulkan massa. Pendapat anda..??


# Mengingat sepakbola adalah olahraga yg mampu menggaet massa yg luar biasa, maka sangat wajar jika para elit politik berlomba-lomba menggunakan sepakbola sebagai alat. Akan tetapi sejujurnya saya sangat mengutuk hal tersebut. Bagi saya, sepakbola akan terlihat jauh lebih indah jika di biarkan murni sebagai sebuah olahraga, tanpa ada embel-embel apapun. Jauhkan sepakbola dari hal-hal yg berbau politik, persaingan bisnis atau malah dendam pribadi..


* AFF jadi ajang tarik menarik kepentingan politik, Apakah sebelumnya anda pernah mengalami hal yg sama..?? Kapan..??


# Sejauh apa yg saya tau dan ingat, saya rasa tidak pernah..


* Apakah menjadi pemain sepakbola profesional bisa menjamin hidup si pemain sampai hari tua..??


# Iya, jelas sangat bisa. Sepak bola Indonesia sekarang sudah bergerak ke arah sebuah industri, walaupun gerakannya masih lamban dibanding di eropa misalnya. Akan tetapi, sekarang para pelaku sepakbola sudah mendapatkan bayaran yg menurut saya sangat lumayan, dan jika mereka mampu mengatur dengan baik, saya rasa cukup untuk mempersiapkan sebuah kehidupan masa depan yg baik..


* Melihat karir anda sampai saat ini, apakah sewaktu remaja  anda pernah menginginkan menjadi kapten Timnas sekaligus menjadi Topskor Indonesia sepanjang masa..??


# Sejauh ini saya merasa sangat bersyukur dengan apa yg mampu saya capai sebagai pesepakbola, walaupun dalam beberapa hal seharusnya saya dapat lebih baik lagi.. Hahahaha sama sekali tidak, cita-cita saya dari kecil hanyalah menjadi guru, dan cita-cita itu masih ada sampai saat ini..


* Siapa inspirasi terbesar yg mendorong anda untuk menyeriusi pilihan karir sebagai pemain sepakbola..??


# Setiap orang pasti mempunyai idola yg menginspirasi kita, dan saya tidak akan pernah malu mengatakan jika idola saya adalah Kurniawan Dwi Julianto..


* Seberapa besar peran Ayah anda dalam karir seorang bepe..??


# Sangat besar. Beliau adalah kritikus paling pedas dalam karir saya, sampai saat ini. Dan sejujurnya saya sangat beruntung mempunyai seorang ayah seperti beliau yg selalu membimbing saya walaupun saya sudah menjadi pemain nasional..


* Apa yg anda lihat dari Diklat Salatiga..?? Apa istimewanya tempat itu hingga bisa mencetak seorang Bepe dan Kurniawan Dwi Julianto..??


# Diklat adalah kawah candradimuka paling ideal dalam membentuk seorang atlet profesional. Karena di sana, kami tidak hanya diasah secara skill akan tetapi juga di bidang akademis. Dan dalam dunia olahraga profesional, tidak dapat dipungkiri jika intelegensi seorang atlet menjadi hal yg sangat menentukan..


* Kurniawan Dwi Julianto. Apa yg membuat dia menjadi idola anda..??


# Kurniawan adalah seseorang yg membuat saya menetapkan diri untuk memilih bidang sepakbola sebagai karir. Saat saya masih SMP Kurniawan adalah striker utama timnas Indonesia, saya rasa saat itu semua orang mengenal siapa itu Kurniawan. Satu hal lagi, Kurniawan adalah lulusan Diklat Salatiga yy notabene tempat saya berasal. Sehingga saya berpikir, jika Kurniawan mampu kenapa saya tidak..


* Bagaimana hubungan anda dengan Kurniawan Dwi Julianto dulu dan sekarang..??


# Hubungan kami cukup baik, walaupun boleh dikatakan tidak terlalu akrab. Terakhir saya bertemu dengan dia mungkin setahun yg lalu saat tim kami bertemu dalam sebuah pertandingan, dia membela Persela Lamongan dan saya Persija Jakarta. Akan tetapi sejujurnya, dia adalah pribadi yg sangat saya hormati..


* Siapa yg masih aktif bermain sepakbola di keluarga anda..??


# Tidak ada, ketiga kakak saya sudah tidak lagi menjadi pemain bola. Kakak saya yg ketiga Tri Agus Prasetyo saat ini menjadi pelatih di Persibara Banjarnegara..


* Anda hanya bertahan empat bulan di klub Belanda EHC Hoensbroek Norad, padahal publik berharap anda memulai karir di Eropa. Kenapa anda pulang ke Indonesia..?? Apakah ada hambatan spesifik saat itu..??


# Hahaha, iya betul saya memang tidak begitu lama di Belanda. Saat itu saya masih berusia 19th dan tinggal sendiri di negeri yg sama sekali asing bagi saya, tentu hal tersebut tidak mudah bagi saya. Seperti kebanyakan orang asia, sejujurnya saat itu saya sedikit banyak mengalami Home Sick. Akan tetapi masa singkat di Belanda itu, merupakan salah satu masa yg paling penting dalam karir sepakbola saya. Karena di sana, saya banyak belajar bagaimana hidup secara profesional, baik secara pribadi maupun dalam menjalani karir sebagai pemain sepakbola, dan itu saya terapkan sampai dengan saat ini..


* Di Indonesia, anda hanya membela di Persija Jakarta. Kenapa tidak pernah membela tim lain..?? Apakah karena tidak ada tawaran atau memang memilih setia..??


# Sejujurnya saya adalah sebuah pribadi yg “Tidak Mudah Pindah Kelain Hati” hehehe. Saya akan memilih klub dimana hati dan perasaan saya merasa nyaman untuk bermain. Dan ketika saya sudah menentukan pilihan, maka biasanya saya akan susah untuk berpaling. Persija Jakarta bukan lagi sebuah klub bagi saya, akan tetapi sudah seperti sebuah keluarga. Beberapa tawaran silih berganti datang, akan tetapi kecintaan saya terhadap klub ini, membuat saya masih berseragam orange bernomor 20. Saya memang sangat mencintai Persija, akan tetapi bukan berarti saya akan selamanya bermain di klub ini, dalam dunia profesional apapun dapat terjadi..


* Bagaimana anda melihat Persija Jakarta & The Jakmania..??


# Ketika pertama kali saya bermain di Persija, jumlah the jakmania masih dalam kitaran 100an orang, akan tetapi sekarang jumlah anggotanya sudah mencapai 50 ribuan lebih. Sebuah kelompok supporter akan selalu menjadi bagian yg penting dalam sebuah klub, begitu juga The jakmania. Saat memutuskan bermain di Selangor FC pada tahun 2005, saya sempat menulis surat pamitan terbuka untuk mereka, itu adalah wujud kecintaan saya kepada mereka. Tentu saya sangat bangga dengan The jakmania, akan tetapi sangat di sayangkan akhir-akhir ini sering terjadi kerusuhan saat laga kandang Persija, tentu hal tersebut memerlukan sebuah perbaikan..


* Sedekat apa anda dengan Fans Persija & Fans Timnas..??


# Saya selalu mengibaratkan penggemar sebagai air es. Air es memang tidak selalu baik bagi kesehatan. Akan tetapi satu hal yg pasti, air es akan selalu memberikan kesegaran di saat saya merasa kegerahan, haus dan dahaga. Silahkan artikan sendiri kalimat tersebut hehehe..


* Dengan adanya Twitter, anda memiliki banyak fans. Berapa penambahan follower anda sejak adanya AFF..??


# AFF tahun ini memang memiliki gaung yg sangat luar biasa. Saya mengalami penambahan followers yg sangat signifikan selama AFF di gelar, mungkin followers saya bertambah 200 ribuan. Akan tetapi banyak juga followers saya yg sebenarnya tidak mengerti dengan dunia sepakbola, mereka memutuskan mem follow saya setelah membaca blog saya yg menurut mereka bagus, dan hal tersebut menurut saya sedikit aneh hahahaha..


* Anda cukup jarang bahkan tidak pernah menjawab lewat twitter kepada fans anda..?? Apakah anda sengaja membatasi untuk tidak terlalu banyak bicara seperti anda ke media..??


# Sebelumnya, saya selalu membuka diskusi dengan followers saya di twitter, khususnya mengenai sepakbola. Akan tetapi semenjak AFF, tweet-tweet dari pemain nasional sering di jadikan berita oleh wartawan. Sehingga kita harus sedikit berhati-hati dalam menulis status, karena sesuatu yg sebenarnya hanya bercanda bisa di tanggapi dengan sangat serius. Hal tersebut membuat twitter sudah tidak lagi menyenangkan. Seandainya saya tidak memiliki followers dari kalangan wartawan, maka saya jamin tweet-tweet saya akan berisi hal-hal yg gila dan unik, karena memang pada dasarnya saya memang pribadi yg sangat terbuka dan sedikit gila hahahaha..


* Kenapa Facebook Fans Bepe tidak diurus dengan benar..?? Banyak sekali Fans Page yg di buat dengan anggota ratusan ribu. Anda tidak berniat membuat Bepe Fans Club..??


# Awalnya ada seorang penggemar yg meminta ijin kepada saya untuk membuat fan page di facebook dan saya menyetujuinya. Bahkan saya sempat beberapa bulan menjadi admin fan page tersebut sebelum akhirnya saya berhenti karena saya menutup akun facebook saya. Jadi bagaimana saya dapat mengurus fan page di facebook jika saya tidak mempunyai akun di facebook hahahaha..


* Bagaimana anda melihat peran Sosial Media seperti Twitter yg makin mendekatkan banyak pihak..??B


# Sebagai publik figur, kita dapat memberikan dua efek yg sangat bertolak belakang bagi masyarakat (Followers kita), yaitu positif dan negatif. Karena apapun yg kita lakukan akan mendapatkan perhatian dari masyarakat dan berpotensi di tiru. Bagi saya Twitter dapat berefek sangat positif jika kita mampu mempergunakannya dengan cara yg baik dan benar. Melalui blog pribagi maupun twitter, saya selalu berusaha untuk berbagi pengalaman, cara pandang serta cara bersikap yg mungkin dapat berguna bagi generasi pesepakbola di bawah saya..


* Jarang pemain sepakbola yg bisa menjadi Cult Idol seperti anda di Persija. apakah ini beban tersendiri buat anda..??


# Sama sekali tidak, ini adalah bagian dari konsekuensi dan tanggung jawab saya, dan saya menjalani semuanya dengan sangat nyaman..


* Lebih dari sepuluh tahun anda berkiprah di Timnas senior Indonesia dan anda merasakan kepelatihan Ivan Kolev, Peter Withe, Beny dollo dan Alfred Riedl. Mana yg paling berkesan..??


# Setiap pelatih mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ketika anda bertanya siapa yg paling berkesan, maka jawaban saya adalah semuanya berkesan. Karena bagi saya setiap partai membela tanah air akan selalu meninggalkan kesan yg mendalam, dengan siapapun pelatihnya..


* Melalui situs pribadi anda pernah menyuarakan ketidaksukaan terhadap rezim Nurdin Halid di PSSI. Apakah karena itu anda pernah bermasalah secara pribadi dengan pimpinan PSSI tersebut..??


# Hahahaha,, saya rasa kami adalah orang-orang yg profesional, sehingga mampu berpikir secara terbuka dalam segala hal. Kritik dan masukan tentunya menjadi hal yg biasa dan sangat wajar. Saya sendiri menulis hal tersebut, sebagai pelaku sepakbola yg ingin dunia persepakbolaan Indonesia lebih baik lagi, bukan karena faktor suka atau tidak suka terhadap pribadi-pribadi  di dalam organisasi tersebut..


* Sebelum AFF di gelar, Nugraha Besoes juga pernah bilang jika “Generasi Bambang Pamungkas Sudah Habis”. Komentar tersebut mengundang kontroversi, tapi dianggap seperti itu oleh petinggi PSSI kenapa anda memilih diam..??


# Iya betul, saya juga mengetaui hal tersebut. Saya rasa semua orang berhak menilai diri saya termasuk Nugraha Besoes, saya adalah pribadi yg sangat terbuka dengan kritik. Mungkin perkataan tersebut benar, karena buktinya hanya tersisa saya seorang dari generasi angkatan saya hehehehe. Yang harus saya lakukan sekarang adalah berjuang untuk membuktikan jika hal tersebut salah, bukan menanggapinya dengan cara berdebat di media yg menurut saya hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga..


* Anda pernah bermain di manca negara dan di dalam Indonesia. Menurut anda pribadi, apakah bermain di luar negeri lebih baik untuk perkembangan karir sepakbola pemain Indonesia..??


# Iya benar. Dengan bermain di luar negeri, maka kita berkesempatan untuk merasakan atmosphere dari sebuah kompetisi yg baru yg tentunya akan memperkaya pengalaman kita. Sebagai pemain asing, maka kita akan selalu di tuntut untuk lebih dari pemain lokal, hal tersebut membuat kita mau tidak mau akan terus bekerja keras dan memberikan yg terbaik dalam setiap kesempatan. Semakin banyak pemain Indonesia bermain di luar, maka hal tersebut akan semakin baik untuk kemajuan persepakbolaan kita dan juga timnas Indonesia..


* Anda juga di kenal luas oleh publik Malaysia karena pernah bermain di Selangor FC. Bagaiman pendapat anda mengenai hal tersebut..??


# Walaupun hanya dua tahun saya bermain disana, akan tetapi sejujurnya dua tahun itu meninggalkan kesan yg cukup mendalam dalam diri saya. Selangor adalan raksasa di persepakbolaan Malaysia, dan saya mampu meraih semua gelar selama disana. Satu nilai plus nya adalah, saya mampu menghibur rekan-rekan sebangsa saya (TKI) yg tengah mencari nafkah di Malaysia. Saat itu, saya adalalah idola para TKI hehehe..


* Apa pendapat anda tentang Irfan Bachdim dan Christian Gonzales di Piala AFF lalu..?? Anda tidak masalah pemain berpengalaman seperti anda hanya menjadi cadangan di Piala AFF..??


# Chistian Gonzales adalah pemain yg luar biasa dimata saya, sedang Irfan Bachdim adalah pemain muda yg mempunyai masa depan yg sangat cerah, mereka adalah aset bangsa ini. Saya rasa semua pemain ingin menjadi pemain inti, begitu pula dengan diri saya. Akan tetapi ketika seorang pelatih sudah mengambil keputusan, maka setiap pemain harus menghormatinya, karena memang begitulah cara kerja orang-orang profesional..


* Apa sebenarnya masalah sepakbola Indonesia sehingga tidak kunjung meraih prestasi sejak medali emas Sea Games 1991..??


# Jika boleh saya ibaratkan tim nasional itu sebuah kue. Ketika kue yg kita buat itu gagal dan rasanya tidak enak, maka mari kita perbaiki cara pembuatannya. Karena jika kita tidak memperbaiki cara pembuatannya, maka selamanya kue yg dihasilkan akan gagal dan tidak enak. Yang saya maksud dengan cara pembuatan adalah sistem pembinaan pemain muda (Yang selama ini kurang maksimal), iklim kompetisi (Yang menurut saya masih kurang kondusif) serta program-program dari PSSI sendiri (Yang menurut saya belum berjalan secara maksimal). Karena dalam sepakbola kita tidak akan pernah mendapatkan hasil yg maksimal dengan cara instan..


* Apakah anda percaya pergantian kepemimpinan PSSI dapat memperbaiki kondisi sepakbola Indoesia..??


# Sejujurnya tidak semudah itu juga. Siapapun ketua PSSI nya, jika kita semua bersatu padu dan saling bergandengan tangan serta mampu mengesampingkan ego masing-masing, maka saya yakin persepakbolaan kita akan mampu berbicara di level yg lebih tinggi lagi. Jadi yg terpenting di sini adalah program  di susun dengan baik dan komitmen dari semua pihak. Mengenai ketua PSSI, bisa siapa saja..


* Sepanjang karir anda, mana momen yg paling membahagiakan sebagai pemain sepakbola..?? Momen mana pula yg menurut anda merupakan titik nadir..??S


# Ketika saya mampu membawa tim meraih target, yaitu menjuarai sebuah kompetisi. Saat saya mengalami patah kaki dan harus istirahat selama 6 bulan di tahun 2001, sebagai sebuah pribadi saat itu saya merasa sangat rapuh..


* Setelah tidak tampil sebagai pemain sepakbola anda sudah ada niat untuk menjadi pelatih..?? Sudahkah ada klub yg menawari..??


# Sejujurnya saya belum berpikir sama sekali, tentang apa yg akan saya lakukan setelah pensiun nanti..


* Kapan anda menyadari bisa menulis..??


# Saya menulis karena terpaksa. Sebagai pemain sepakbola, saya memang di kenal jarang berbicara di media (Saya memang lebih berhati-hati dengan media), sehingga  pengetahuan masyarakat mengenai diri saya mungkin menjadi sangat minim. Dengan menulis di blog pribadi, maka saya dapat memberika informasi yg sebenar-benarnya tentang diri saya kepada masyarakat luas, maka dari itu saya belajar menulis artikel. Pertama kali saya menulis adalah di th 2004..


* Ceritakan waktu yg paling pas untuk anda menulis..?? Butuh berapa lama untuk setiap artikel..??


#  Biasanya, saya menulis ketika sedang tour keluar kota, karena saat itu saya mempunyai banyak waktu luang. Tergantung suasana atau mood saya saat itu. Terkadang saya mampu membuat 3 tulisan dalam waktu sehari, terkadang saya tidak menulis sama sekali dama 2 minggu. Akan tetapi rata-rata saya menyelesaikan tulisan dalkam waktu 2 jam, dan keesokan harinya saya butuk 1 jam lagi untuk mengeditnya hehehe..


* Bleh update soal buku yg akan anda rilis dalam waktu dekat.. Kenapa baru sekarang terpikir untuk membukukan karya-karya anda..?? Benarkah 100% hasil penjualannya akan di sumbangkan..


# Rencananya buku saya akan rilis bulan depan. Saya sendiri sebenarnya tidak cukup percaya diri untuk meluncurkan sebuah buku, akan tetapi bebarapa teman saya menyarankan saya untuk membukukan tulisan-tulisan di blog saya. Setelah berpikir cukup lama, akhirnya saya menyetujui saran tersebut. Betul Insya Allah 100% hasil penjualan buku tersebut, nantinya akan di sumbangkan ke yayasan AIDS dan kanker anak..


* Dimanakah anda mengenal istri..?? Boleh di bilang anda dan istri jauh dari berita di media. Anda sengaja menutup diri dari media untuk keluarga anda..??


# Saya mengenal istri saya dalam sebuah acara makan malam yg diadakan oleh salah satu pengurus Persija Jakarta, kebetulan anak dari pengurus tersebut adalah sahabat istri saya. Saat pertama berkenalan, dia mengira saya adalah paranormal (Ki Gendeng Pamungkas) hahahahaha.. Iya, saya memang sebisa mungkin memisahkan urusan keluarga dengan pekerjaan saya. Karena sejujurnya, profesi saya tidak selamanya berefek positif kepada keluarga saya. Keluarga adalah bagian paling penting dalam kehidupan saya, dan biarkanlah mereka tenang dengan dunianya sendiri.


* Apa yg anda lakukan dengan waktu luang..?? Anda di kelan sebagai Family Man. Tempatpubluk seperti apa yg sering anda datangi bersama keluarga..??


# Saat mempunyai waktu luang, saya selalu berusaha menghabiskan waktu dengan istri dan anak-anak saya. Iya, bagi saya keluarga adalah segalanya, karena sejatinya apa yg saya lakukan selama ini hanya untuk mereka, orang-orang yg saya cintai. Anak saya sangat suka bermain di arena bermain seperti Kidzania, karena disana mereka dapat belajar mandiri..


* Bagaimana anak-anak anda melihat seorang bepe..?? Apa yg anda ajarkan kepada anak-anak anda..??


# Sejujurnya saya tidak tau apa pendapat anak-anak saya mengenai diri saya. Satu hal yg paling saya takutkan adalah, jangan sampai anak-anak saya memanggil saya dengan sebutan Oom, karena terlalu sering saya tinggalkan, sehingga lupa jika saya adalah ayahnya hahahahaha.. Saya dan istri berusaha memberikan kebebasan kepada ketiga putri saya untuk memilih dan menentukan sikap, asalkan mereka mampu mempertanggung jawabkan pilihannya tersebut. Dan kami akan mengawasi dan membenarkan jika ternyata mereka salah jalur..


* Musik apa yg anda suka..??M


# Saya menyukai semua jenis musik kecuali dangdut, entah mengapa saya tidak dapat menikmati musik dangdut. Hip-Hop dan Keroncong adalah jenis musik paling favorit..


* Kenapa Hip-Hop anda sukai..??


# Musik Hip-Hop sangat dinamis serta selalu memberikan kesan semangat dan percaya diri, sama seperti diri saya hehehe..


* Kenapa suka Jay Z..??K


# Karena musiknya bagus dan lirik-lirik lagunya mempunyai karakter yg kuat dan sedikit provokatif..


* Lagu apa yg sering anda dengarkan akhir-akhir ini..??


# Akhir-akhir ini saya sedang sering mendengarkan Simply Red (You make me feel brand new), mungkin karena saaat AFF kemarin saya sebulan penuh meninggalkan rumah, jadi agak-agak mellow hahahaha..


* Film yg anda tonton terakhir kali..??


# Saya sudah lumayan lama tidak menonton film, padahal biasanya saya dan istri paling rajin ke bioskop. Jika tidak salah film terakhir yg kami tonton adalah Hachiko, film yg bercerita tentang kesetiaan seekor anjing..


* Seperti apa anda ingin dikenang dalam lembaran sejarah persepakbola Indonesia..??


# Saya ingin di kenang sebagai seorang pemain yg menjunjung tinggi fair play dalam sepakbola, itu saja sudah cukup..


Selesai..


NB: Artikel ini saya tulis di pertengahan bulan januari 2011..